Friday, 17 April 2015

CIRI-CIRI GEJALA AWAL DIABETES MELITUS

kudetafrankiest

CIRI-CIRI GEJALA AWAL DIABETES MELITUS
Diabetes melitus  atau sering disebut penyakit gula (kencing manis) merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang meningkat.  Menderita penyakit diabetes melitus juga dapat meyebabkan penyakit komplikasi lainya. Yaitu kerusakan ginjal, gangguan hati, bahakan saraf juga bisa terganggu. Oleh sebeb itu kita harus waspada dan megenal ciri-ciri gejala awal penyakit diabetes melitus. Dengan mengenal ciri-ciri gejala awal penyakit diabetes melitus anada dapat melakukan pencegahan untuk diri sendiri ataupun keluarga. Terdapat tiga ciri-ciri utama gejala awal diabetes melitus sebagai berikut.

Polidipsi
Ciri yang pertama yaitu polidipsi atau merasa cepat haus. Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah yang semakin meningkat sehingga kerja hati dan ginjal menjadi ekstra keras. Efeknya yaitu semua air dalam tubuh menjadi terkuras. Sehingga seseorang merasa cepat haus meskipun telah minum air berkali-kali.

Polifagi
Ciri yang kedua yaitu polifagi yaitu menambahnya nafsu makan yang semakin besar. Hal ini disebabkan kadar gula yang seharusnya diserap tubuh untuk memperoleh energi ikut terbuang bersama urine. Sehingga suplay gula dalam tubuh berkurang dan dan anda akan merasa lapar dan ingin makan secara terus-menerus.

Poliuri
Poliuri yaitu sering buang air kecil. Secara normal orang dewas mengeluarkan 1 – 2 liter setiap harinya.  Kalau misalakan air kencing yang dikeluarkan melebihi 2 liter maka bisa disimpulkan bahwa anda terkena gejala awal diabetes melitus. Sebainya cepat-cepat untuk periksa ke dokter.

Selain tiga ciri-ciri gejala awal diabetes melitus diatas juga terdapat gejala-gejala yang lain sebagai indikator seseorang menderita penyakit dibetes melitus yaitu sebagai berikut :
ü Berat badan turun secara drastis tanpa penyebab yang jelas
ü Merasa cepat ngantuk, lemas dan lelah
ü Sering  kesemutan pada tangan dan kaki
ü Penglihatan mulai kabur
ü Kulit terasa gatal dan kering
ü Sering menderita infeksi pada gusi, kulis, dan saluran kencing
ü Jika kulit terluka proses penyembuhanya butuh waktu yang cukup lama.


Setelah mengetahui ciri-ciri gejala awal diabetes melitus hendaknya anda mawas diri, sebab mayoritas orang baru sadar ketika terkena diabetus melitus ketika kadar gula darah sudah tinggi. Pada dasranya lebih baik mengetahui ciri-ciri penyakitnya dulu supaya dapat melakukan pencegahan. Naqmun apabila anda sudah terlanjur terkena diabetes melitus segeralah periksa kedokter. Untuk mendapat penangan medis yang lebih intensif.

0 comments:

Post a Comment