Thursday, 30 July 2015

MANFAAT DAUN KEMANGI UNTUK KESEHATAN

Dampo Awang




Kemangi yang memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum yang artinya tumbuhan beraroma. Tumbuhan ini memiliki aroma yang sangat khas. Kemangi merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh saat musim penghujan telah tiba. Bentuk fisik tumbuhan ini berukuran kecil menyerupai rumput dengan bagian luarnya dilapisi bulu halus yang aman untuk disentuh. Karena rasa dan aroma daun kemangi yang sangat khas masyarakat lebih sering memanfaatkan daun kemangi sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma yang menggugah selera. Bagi penggemar masakan penyet daun kemangi tentunya sudah tidak asing lagi karena hampir pasti disetiap penyajian berbagai jenis masakan penyet pasti menambahkan daun kemangi sebagai lalapan. Terkadang dalam masakan pepes juga menambahkan daun kemangi untuk menambah aroma masakan. Tumbuhan kemangi juga memiliki bunga, dimana didalam bunga terdapat  biji yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengganti biji selasih. Untuk kesempatan kali ini kita akan lebih fokus membahas tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan.


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan perlu diketahui terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat dalam daun kemangi.  Didalam daun kemangi terdapat kandungan vitamin C dan provitamin A (betakaroten). Vitamin C memiliki fungsi untuk pemebentukan kolagen dan penyembuhan luka, membantu penyerapan kalsium dan besi, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat kasrsinogenik (menyebabkan kanker). sedangkan untuk kandungan non-gizi didalam daun kemangi terdapat flavonoid, eugerol, boron, anetol, argirin, dan minyak astiri. Flavonoid berfungsi sebagai anti oksidan yang bersifat anti kanker dapat menetralkan radikal bebas dan menetralkan kolesterol. Serta bersifat antimikroba yang dapat mencegah masuknya virus,jamur, dan bakteri yang menyerang tubuh. Kandungan eugerol dapat membunuh jamur penyebab keputihan sehingga baik sekali bila di konsumsi oleh wanita. Kandungan argininya dapat memperkuat daya tahn sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Begitiu pula senyawa anetol dan boron juga berperan dalam menjaga kesehatan reproduksi pria. Kandungan yang terakhir yaitu minyak astiri yang sangat mudah untuk menguapa berperan sebagai anti mikroba. Minyak astiri terdiri dari dua komponen yaitu hidrokarbon dan hidrokarbon teroksigenasi (fenol). Feno inilah yang memiliki sifat antimikroba yang sangat kuat.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Mengatasi Bau Mulut dan Bau Badan


Yang kita tahu selama ini mungkin daun kemangi berfungsi untuk mengatasi bau badan yang kurang sedap. Tapi ternyata daun kemangi juga bermanfaat untuk mengatasi maslah bau mulut. Itulah sebab mengapa banyak obat tradisional menggunkan daun kemangi untuk mengobati maslah bau mulut dan bau badan.

Menunda Menopouse Dini


Kandungan zat triptofan dalam daun kemangi dapat menunda menopouse dini. Sehingga jika seorang wanita yang ingin memperlambat datangnya masa menopousenya dapat mengkonsumsi daun kemangis setiap hari. Selain itu kandungan zat triptofan dama daun kemangi dapat menghambat terbentuknya keriput dan mengangkat sel kulit mati.

Mencegah Batuk Pilek


Daun yang seringkali digunakan sebagai lalapan ini ternyata dapat mencegah bakteri penyebab batuk pilek masuk kedalam tubuh. Kita dapat menikmati khasiat daun kemangi dengan sensasi yang berbeda yaitu dengan cara menyeduh daun kemangi dengan air panas sehingga menjadi wedang kemangi yang dapat mencegah batuk pilek dan dapat menghangatkan tubuh.

Mengobati Keputihan


Didalam daun kemangi terdapat zat antibiotik yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Daun kemangi bisa dimakan secara mentah-mentah bersama nasi sebagai lalapan. Disamping dapat menghindarkan keputihan daun kemangi juga dapat menjaga aroma alat reproduksi wanita sehingga liebih percaya diri ketika berhubungan dengan suami tercinta.

Antiradang


Manfaat selanjutnya dari daun kemangi adalah sebagai obat anti peradangan. Kandungan eugenolnya berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Konsumsi rutin daun kemangi dapat menc
Gah tubuh kita dari peradangan.

Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat yang terakhir dari daun kemangi adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan betakaroten dan magnesium yang  tinggi membuat jantung kita menjadi lebih sehat dan bekerja secara maksimal. Bagi anda penerita penyakit jantung dapat mengkonsumsi daun kemangi secara rutin sehingga kesehatan jatung anda senantiasa selalu terjaga.

Demikian artikel tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan semoga bermanfaat. Dengan mengetahui manfaat-manfaat daun kemangi dapat menjadi refereensi jika anda atau orang disekitar anda mengalami gangguan kesehan seperti yang disebutkan diatas. Selamat berkreasi dan mencoba

1 comments:

  1. Alhamdulillah, selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>

    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    ReplyDelete